Berita

Perpustakaan UTDI Raih Akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI

4 bulan yang lalu

Perpustakaan Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) berhasil meraih akreditasi “B” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan LAP-PT Perpustakaan Nasional RI nomor: 00341\LAP.PT\XII.2021.

Kepala Perpustakaan UTDI, Agung Budi Prasetyo, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya terhadap pencapaian akreditasi ini. Pada dasarnya tujuan dari akreditasi perpustakaan ini adalah untuk memastikan bahwa penyelenggaraan perpustakaan telah berpedoman pada Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sebagaimana diamanatkan oleh UU No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Prestasi yang diraih oleh Perpustakaan  UTDI merupakan hasil kerja keras seluruh karyawan perpustakaan yaitu pustakawan, tenaga perpustakaan, civitas akademika, serta dukungan dari Pimpinan UTDI maupun Yayasan Pendidikan Widya Bakti.

 “Perpustakaan UTDI telah menerapkan teknologi IT dalam mendukung operasionalnya, mulai dari proses sirkulasi berbasis komputer, penyediaan dukungan IT untuk keperluan akses terhadap koleksi-koleksi perpustakaan, hingga penyediaan literasi secara online".

Ada satu keunikan yang dimiliki oleh Perpustakaan UTDI yang jarang dimiliki oleh perpustakaan lain. Keunikan itu adalah adanya Museum IT. “Museum IT milik Perpustakaan UTDI tersebut mengoleksi beberapa perangkat teknologi informasi, mulai dari perangkat mesin ketik tua, mesin tik elektronik, hingga komputer-komputer kuno yang mungkin sudah jarang terlihat di masa sekarang ini,” jelas Agung. Begitu pula perangkat telekomunikasi mulai dari pesawat telepon putar,  pesawat interkom, pager, PDA hingga laptop generasi pertama. Dengan adanya museum tersebut diharapkan pustakawan dapat mengenal secara riil bagaimana bentuk dan cara kerja perangkat-perangkat teknologi yang pernah ada.

 “Semoga kedepannya Perpustakaan UTDI mampu terus menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang kepustakaan lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat untuk dapat menguasai perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi,”